Jumat, 02 Agustus 2013

Inilah Alasan Mengapa Menara Pisa Miring

Mungkin hampir setiap orang sudah pernah melihat menara pisa. Entah itu dari siaran televisi, atau dari hasil pencarian di internet. Tapi, hanya sedikit orang saja yang mengetahui Alasan mengapa menara pisa miring? Apa itu?

Ternyata, penyebab kemiringan menara pisa ini adalah akibat dari salah buat, atau kesalahan saat proses pembangunan. Dan lebih dari itu, ternyata masa pembangunannya memakan waktu lebih dari seabad lamanya. Menara pisa ini di bangun dalam tiga tahap.

Tahap pertama di mulai pada tahun 1178, yang berhasil menyelesaikan hingga tingkat tiga. Pekerjaan sempat di hentikan karena pada tahun kelima, menara sudah mulai miring menghadap ke arah selatan. Proses pembangunan menara di hentikan hingga kira-kira selama 100 tahun, dan sebelum tahun 1272, tinggi menara ditambah menjadi 4 tingkat dengan arah yang berlawanan dengan harapan menara dapat tegak kembali seperti rancangan yang sebenarnya.

Namun lagi-lagi pembangunan itu dihentikan, karena tanah yang ada di sekitar area bangunan menara tidak stabil, hingga akhirnya pembangunan dilanjutkan pada 80 tahun kemudian, atau sekitar tahun 1360. Pada tahap akhir ini, di bangun ruang lonceng pada puncak menara dan menara pisa mendapatkan bentuknya seperti apa yang kita lihat sekarang. Nahhh Inilah Alasan Mengapa Menara Pisa Miring.

Dan, apakah mungkin menara pisa di tegakkan? Mungkin saja, namun berdasarkan pengamatan para ilmuwan, sekalipun menara pisa di tegakkan, bagian-bagian dalam menara tetap akan melengkung akibat terlalu banyak perbaikan yang dilakukan sejak pembangunannya ratusan tahun yang lalu. Itulah informasi tentang penyebab kemiringan Menara Pisa, dan proses pembangunannya. Semoga dapat menambah pengetahuan sobat.

0 komentar:

Posting Komentar