Minggu, 14 Juli 2013

Tips Sehat Saat Berpuasa

Dalam menjalankan ibadah puasa, tentu sangan di butuhkan setamina yang cukup untuk tubuh kita.
Maka dari itu kita membutuhkan beberapa langkah untuk menjaga kesehatan kita saat menjalankan ibadah puasa. Berikut ini saya punya beberapa tips sehat saat berpuas Ala Masnady hehehehehe

1. Minum Air Putih
Air putih sangat baik untuk tubuh kita, karena tubuh kita membutuhkan air putih 1.5 liter dalam satu hari (kalau g salah sih) hehehe. Jadi usahakan untuk minum air putih saat buka puasa, malam hari dan saat sahur. Agar kebutuhan tubuh kita di siang hari tercukupi.

2. Jangan Makan Berlebihan Saat Berbuka
Nah ini yang biasanya terjadi pada kita. Saat waktu berbuka puasa, makanan apapun seperti mau di makan semua. Ini sangat tidak bagus untuk pencernaan kita. Sebaiknya makanlah hidangan yang ringan-ringan terlebih dahulu. Seperti kurma, buah, kolah, atau minuman seperti es cendol dll.. dan sholat magrib dulu, setelah selesai sholat magrib, barulah makan nasi.

3. Sahur Mendekati Waktu Imsyak
Nah sahur mendekati waktu imsyak, selain hukumnya sunah. Sahur mendekati waktu imsyak juga baik untuk kesehatan. Karena agar kebutuhan tubuh kita pada siang hari sampai waktu berbuka tercukupi.

4. Minum Vitamin
Ini bagian yang paling penting menurut saya. Meminum vitamin pada saat sahur. Sangat di anjurkan agar bisa menjaga kesehatan tubuh kita selama berpuasa.

5. Niat
Setelah semua tips sehat saat berpuasa sudah di lakukan. Yang terahir adalah niat. Berpuasa tanpa niat rasanya kurang afdhol deh.. kalau kata orang tua "puasanya sia-sia" heehe

Nah itulah beberapa tips sehat dari saya, kalau ada kekurangan saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Semua yang saya tulis hanya berdasarkan pengalaman pribadi saya.

Semoga puasa saya, shabat, dan semuanya di terima Allah. Amin amin amin yarobal alamin...


Sumber : Tips Sehat Saat Berpuasa

2 komentar:

  1. TQ gan tips nya :)
    salam kenal blogger. jalan2 juga ke blog ane gan :D

    BalasHapus