Selasa, 30 Juli 2013

Facebook Stiker Segera Hadir di Versi Web


Facebook Stiker Segera Hadir di Versi WebApakah kamu termasuk yang suka chatting di Facebook? Salah satu kelebihan chatting menggunakan Facebook Messenger adalah pilihan emoticon dan stiker. Hal yang tidak ditemukan di Facebook versi Web. Dengan banyaknya pilihan tersebut, kita bisa mengirimkan pesan pribadi dengan karakter-karakter unik, imut, dan terkadang memiliki animasi gerak. 


Facebook meluncurkan stiker untuk aplikasi seluler pada pertengahan April lalu. Kamu pasti sudah pernah menikmatinya baik lewat perangkat Android, BB, maupun iOS. Stiker ini memang efektif untuk menjadikan Facebook tetap memiliki daya saing tinggi menghadapi gempuran aplikasi chat baru seperti Line, KakaoTalk, dan WeChat. 


Kabar gembiranya, nampaknya Mark Zuckerberg memberikan perhatian lebih terhadap keberadaan stiker ini. Diungkapkan bahwa stiker yang biasanya mudah kita temukan di aplikasi FB Chat untuk ponsel tersebut akan segera dihadirkan di versi Web. Saat ini, tim di UC Berkeley tengah mengerjakan generasi baru stiker emoticon smiley yang lebih mengungkap emosi daripada teks emoticon atau unicode mini yang biasa kamu gunakan.

Sayangnya hal ini juga disertai kabar mengejutkan. Inisiator dan desainer awal stiker di FB Chat, Sophie Xie, baru saja meninggalkan perusahaan tersebut. Stiker untuk Web merupakan salah satu kontribusi akhirnya untuk Facebook. Sophie Xie baru saja bergabung di Facebook tahun 2012 yang lalu, akan tetapi kepergiannya dianggap sebagai kerugian besar bagi perusahaan, terutama divisi tim stiker yang harus melanjutkan tanpa gadis manis ini. 


Rencananya, Facebook akan meluncurkan stiker khusus web dengan memanfaatkan semacam toko stiker khusus untuk Facebook. Bahkan Facebook berencana mengeluarkan paket stiker khusus untuk film Despicable Me 2 yang baru saja dirilis (Kalau kamu belum tahu, sutradara film ini berdarah Indonesia, putra sastrawan besar NH Dini). Facebook belum mengambil keputusan apakah akan merilis stiker ini secara gratis atau dengan sponsor tertentu. 

Pada dasarnya Mark Zuckerberg tidak menyukai ide untuk menarik biaya bagi produksi stiker. Keberadaan stiker ini memang penting untuk pembeda Facebook dengan aplikasi pesan instan lain seperti Google Hangout, Google Talk, dan sebagainya. Namun tampaknya Facebook akan memilih opsi dimana mereka menambahkan iklan sela ketika pengguna mengunduh stiker tersebut. Hal ini akan tetap menjadikan Facebook memperoleh pendapatan, namun tidak membebani penggunanya dengan biaya yang justru bisa berdampak menurunnya pengguna Facebook Chat.

Stiker ini bisa jadi sebuah pembeda yang kuat untuk Facebook dengan ribuan aplikasi pesan instan lainnya. Mungkin belum begitu terasa, namun nampak bahwa penggunaan SMS perlahan-lahan menurun. Siapapun yang bisa menarik pengguna dalam aplikasi pesan instan akan beroleh traffic yang signifikan dibutuhkan dalam industri Internet.
(ec)

0 komentar:

Posting Komentar