Selasa, 06 Desember 2011

Radio Amatir

Dari kecil saya memang suka dengeri acara-acara di radio. Entah apa sebabnya saya selalu setia tuning di depan radio. Kemudian muncullah niat dalam hati untuk jadi penyiar radio. Paling tidak, dalam benak saya menjadi seorang penyiar radio itu pasti seru, asyik dan menyenangkan. Kebetulan di daerah saya tidak begitu banyak stasiun radio, waktu itu cuma ada 9 stasiun radio yang Onair. Nahh, ketika udah duduk di bangku SMA, saya ketemu dengan teman yang bernama jojo. Kebetulan ni anak emang sering nongkrong di salah satu stasiun radio di kota saya. Dan sampailah pada masanya ketika saya di ajak oleh jojo untuk concow di radio itu. Waktu itu emang rada aneh, secara gitu semua anak di situ pada ribut. Tapi saya sadar, anak-anak radio emang begitu, bawaannya hebohh cinkk, biar kedengaran asyik...!!! Oke. Setelah akrab dengan teman-teman baru di sana mulailah saya di ajak masuk ke ruang siaran. Awalnya asing sekali dengan ruangan sempit itu. Maklum, ini stasiun radio amatir. Pengelolanya aja anak-anak SMA semua. Pemiliknya aja masa' bodo dengan kita-kita. Paling cuma di kasih rokok dan gorengan tiap malam. Tapi kita-kitanya gak peduli, yang ada di benak cuma suka-suka dan numpang tenar lewat radio. Tapi bagaimana dengan acaranya? Walaupun cuma radio amatir tuh acara tetap tersusun dengan rapi, sedikit sulit menyusun jadwal siarann,mungkin karena crewnya artis2 semua kali ya jadi sulit untuk di atur. Nah gue dapet apa? Waktu itu saya di tempatkan di ruang sempit yang penuh dengan kabel yang berseliweran, ada beberapa perangkat alat komunikasi yang acak-acakan dan berdebu, serta seperangkat kompie butut untuk mutarin lagu *koplak,apek banget baunya yak??*. Ternyata ohh ternyata gue di suruh jadi operatornya. Bijimane ceritanya gan, secara guekan belom tau cara kerja ni radio. Tapi sekali lagi jojo berperan penting dalam hidup saya. Dia yang mengajarkan bagaimana cara kerjanya. Ebbuseehhh susah amat yahh jadi operator radio, kerjaannya cuma nyusun playlist lagu,mutarin lagu, dan ngebacain requesan dari listener. Trus yang paling ribet adalah mencari mp3 lagu-lagu terbaru, secara gitu dulukan google belom tenar, internet aja cuma buat main game. Game dota dulu mah, hehe jaman-jaman SMA suka game online,itupun pake voucher. Hilang dech cerita jojo, nah kembali ke jojo lagi kita. Sementara gue jadi operartor, sedangkan jojo bagian cuap-cuapnya,, nahh gua mah sesekali nyambung dikitlah. Gua mahh sukanya main nyolot ajahh. Apalagi kalau giliran ketawa gua mah rajanya. Giliran angkat telpon dari cewek pasti tu jojo yang nyambut. Nahh giliran ngebacain atensi gue yang disuruh. Koplak!!! Tapi gak papa, saya anggap itu semua pembelajaran bagi saya untuk berinteraksi dengan listener. Terus dari situ pulalah saya mendappatkan bagaimana cara berkomunikasi yang baik. Selain itu saya juga numpang tenar lewat tuhh radio. Itu radio pendengarnya anak-anak SMP & SMA mulu sihh. Jadi saya mendapatkan banyak teman di sana. Sekarang entah apa kabar radio itu, denger-denger sih udah di jual ama pemiliknya. Lagipula stasiun radio sekarang udah menjamur, mungkin udah tenggelam kali yahh tuh radio. Dan yang paling *TRAGIS* gue denger-denger tu radio tanpa izin dari pemerintah. Secara gitu,harus di tutup. Dan sampai disini dulu cerita saya, masihh mau lanjutin skripsi nehh...!!!

0 komentar:

Posting Komentar