Kamis, 22 Juli 2010

Sedikit Penjelasan Tentang Mantra

Mantra adalah sebuah karya sastra lisan yang berbentuk puisi lama yang mempunyai nilai magis tersendiri atau dianggap dapat mendatangkan kekuatan gaib. sedangkan, sastra lisan adalah bagian dari kebudayaan yang tumbuh dan berkembang ditengah-tengah masyarakat dan diwariskan secara turun temurun, disebarkan secara lisan dan diakui sebagai milik bersama.

Mantra biasanya diucapkan seseorang sebagai media untuk berhubungan dengan kekuatan ghaib, mantra tersebut sebagai perantara. Mantra adalah sederetan kata yang dapat diucapkan secara biasa maupun dinyayikan, dan kata-kata didalam mantra tersebut memiliki daya atau kekuatan gaib.

Mantra adalah perantara manusia dengan alam gaib, yang menjadikan sesuatu yang tidak nyata menjadi nyata dan sebaliknya. Kekuatan gaib yang timbul didalam mantra karena adanya keyakinan dari sang pembaca mantra tersebut.

Mantra memiliki banyak sekali manfaat, ada yang menggunakannya untuk keperluan yang baik, namun ada juga yang menggunakannya untuk keperluan jahat. Sesungguhnya fungsi dari mantra tersebut tergantung dari tujuan sang pebaca mantra itu sendiri.

Bagi orang yang berniat baik, biasanya mantra digunakan untuk pengobatan atau penyembuhan, penglaris dagangan, pengasih antar sesama manusia, memohon atau menolak hujan, memohon jodoh dan masih banyak hal-hal yang bertujian untuk kebaikan lainnya.

Sedangkan bagi orang yang mempunyai tujuan jahat biasanya mantra digunakan untuk membunuh orang lain karena rasa dendam, mantra digunakan untuk mencuri, mantra digunakan untuk menundukan orang lain dll.

0 komentar:

Posting Komentar